IMPLEMENTASI METODE BANDUNGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB MAHIR ILMU HAID, NIFAS DAN ISTIHADOH DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP

  • Khusnul Khatimah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Metode Bandungan, Kitab, Pembelajaran Mahir Ilmu Haid, Nifas dan Istihadoh

Abstract

Kitab Mahir Ilmu Haid, Nifas dan Istihadoh adalah salah satu kitab yang membahas tentang ilmu haid. Selain di Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin, bahwasanya di pesantren-pesantren lain juga menggunakan kitab tersebut, sebagai referensi pembelajaran ilmu haid, dikarenakan  kitab mahr ilmu haid, nifas dan istihadoh dianggap mudah untuk dipahami dan mudah untuk dipelajari, yang dilengkapi dengan penjelasan bahasa indonesia. Materi haid dikenal dengan materi yang susah untuk dipelajari. Hal ini disebabkan dari beberapa faktor misalnya dari dalam diri santri, dari metode yang digunakan, cara guru dalam menjelaskannya, kurangnya semangat santri dalam belajar. Sehingga guru harus mencari jalan keluar agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dalam pembelajaran ini guru bukan hanya menggunkan metode bandungan saja. Akan tetapi guru mengunakan metode bandungan yang divariasi dengan diskusi. Tujuan adanya varian metode yaitu untuk menciptakan suasana belajar yang baru yang akitf dan menyenangkan sehingga dapat memberikan kesan yang baik kepada santri. Selain itu dengan adanya diskusi santri dilatih untuk berfikir, berargumen, menghargai dan tampil untuk percaya diri.  

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tepat atau tidaknya menerapkan metode bandungan yang divariasi dengan diskusi dalam pembelajaran Mahir Ilmu Haid, Nifas dan Istihadoh di Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan (Filed research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan model Milles and Hubermen melalui tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan metode yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Haid, Nifas dan Istihadoh yaitu metode bandungan yang divariasi menggunakan diskusi yang bertujuan untuk mengubah suasana belajar santri menjadi suasana yang asyik, nyaman, dan hidup. Selian itu juga dengan diskusi santri dilatih untuk berfikir, berargumen, tampil percaya diri, bertukar ilmu pengetahuan dan menambah wawasan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Khusnul Khatimah, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Mahasiswa FKI

References

Adnyana, D. S. (2018). Tato"Radjah" Dalam Persepektif Hindu. Bali: Nilacakra.

Ahmad, M. A. (2011). Risalah Haid Nifas Dan Istihadoh. Surabaya: Al-Miftah.

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Mengajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Peneltian Kualitatif . Sukabumi: Cv Jejak.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Cv Jejak.

Anwari, A. M. (2020). Potret Pendidikan Karakter Di Pesantren . Jawa Barat: Edu .

Awwam, Q. (2017). Fiqih Wanita. Jakarta Timur: Cerdas Interaktif Perum.

Darmadi. (2017). Penegembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Firdanti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Presatasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Cv.Gre Publishing.

Gora, R. (2019). Riset Kualitatif Public Realitions. Surabaya: Cv.Jakad.

Gunawan, H. (2012). Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Hariyanto, E., & Mustafa, P. S. (2020). Pengajaran Remidial Dalam Pendidikan Jasmani. Banjarmasin: Lambang Mangkurat University Press.

Helaludin, Wijaya, & Hengki. (2019). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offset.

Hermawan, & Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif& Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayatulloh, Agus dkk. (2013). Al-Qur'an Tajwid Kode Transliterasi Perkata Terjemah Perkata. Bekasi:Cipta Bagus Segara.

Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: Cv Irdhi.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Makki, M. I. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Duta Media.

Moh.Suardi. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Mubarak, A. Z. (2018). Inspiring Factual Education. Zakimu.Com.

Nella Agustin, D. (2021). Peran Guru Membentuk Karakter Siswa . Yogyakarta: Uad Press.

Ngusman, M. (1435 H). Inganatunnisa. Petok 1/5 Mojo Kediri.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: Cv. Sarnu Untung.

Qodir, M. B. (2017). Mahir Ilmu Haid, Nifas Dan Istihadoh. Mojo Kediri: Al Fajar.

Roqib, M. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pt.Lkis Pelangi Aksara.

Rosana, H. M. (2015). Ibadah Penuh Berkah Ketika Haid & Nifas. Jakarta: Lembar Langit Indonesia.

Safithry, Aryani, & Esty. (2018). Asesmen Teknik Tes Dan Non Tes. Malang: Cv Irdh.

Sandu Siyoto, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian . Yogyakarta: Literasi Media .

Setiawan, Anggito, A., & Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Cv Jejak.

Sudiyono. (2020). Metode Diskusi Kelompok Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp. Jawa Barat: Cv. Adanu Abimata.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, A. (N.D.). Safinatun Naja. Surabaya: Al-Miftah.

Surur, M., Muchson, A., & Widodo, I. P. (2019). Agenda Santri Pp. Al-Ihya 'Ulumaddin. Cilacap: Ihya Media.

Surur, M., Muhcon, A., & Widodo, I. P. (2020). Agenda Santri Pp. Al Ihya 'Ulumaddin Kesugihan Ciacap. Cilacap: Ihya Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pemeblajaran Di Sekolah Dasar . Jakarta: Prenadamedia Group.

Takdir, M. (2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren. Yogyakarta: Ircisod.

Tohir, K. (2020). Model Pendidikan Pesantren Salafi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Wardan, K. (2020). Motivasi Kerja Guru Dalam Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Zulfa, U. (2019). Modul Teknik Kilat Penyusunan Proposal Skirpsi. Cilcap : Ihya Media.

Published
2021-05-15
How to Cite
Khatimah, K. (2021). IMPLEMENTASI METODE BANDUNGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB MAHIR ILMU HAID, NIFAS DAN ISTIHADOH DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 9(2: Mei), 167-179. https://doi.org/10.52802/al-munqidz.v9i2: Mei.191
Section
Articles