NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR AL-MISBAH QS. LUQMAN AYAT 12-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 berdasarkan penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam tafsirnya yang sangat popular yaitu Tafsir Al-Misbah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan bahan-bahan tertulis, seperti kitab tafsir, buku dan lain-lain. Sumber data penelitian dalam skripsi ini berasal dari data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang berasal dari Al-Qur’an dan kitab tafsir karya Muhammad Quraish Shihab yaitu Tafsir Al-Misbah Pesan,Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Sedangkan data sekunder sebagai bahan pendukung pembahasan skripsi ini adalah data yang berasal dari kitab dan buku yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan islam terutama dalam pendidikan karakter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode content analysis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi, dalam hal ini adalah hasil penafsiran Al-Misbah terhadap Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat diketahui bahwa nilai –nilai pendidikan karakter dalam tafsir Al-Misbah Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 terdiri dari milai syukur, bijaksana, amal saleh, sikap hormat, ramah, sabar, rendah hati dan pengendalian diri.
Downloads
References
A. Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Grasindo.
Amirullah, Syarbini. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: Prima Pustaka
Amka. 2019. Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Anica. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surat Al-Ahzab Ayat 21 Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Skripsi. Palembang: Fakultas Tarbiyah UIN Raden Fatah.
As Siraji, Raghib. 2010. Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an. Solo: Aqwam
Aziz, Abd Hsb. 2018. Landasan Pendidikan. Cirendue Ciputat: HAJA Mandiri.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Mahali, A.Mudjab, 2002. Asbabun Nuzul Studi Pendalaman Al-Qur’an. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
Moleong, Lexy J. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Rohmat. 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Mustoip, Sofyan, dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.
Narullitha, Elliya. 2015. Konsep Pendidikan Karakter Dalam Surat Maryam (Kajian Kritis Surat Maryam Ayat 12-20). Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim.
Narwati, Sri. 2018. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
Nur, Ahmad. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’. Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dallam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Salim & Syahrul. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Samani, Muchlas Hariyanto. 2013. Konsep & Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT.RemajaRosdakarya.
Sani, Firly Maulana. 2016. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 261-267. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo.
Sauri, Sofyan dan Firmansyah, Herlan. 2010. Merentas Pendidikan Nilai. Bandung: Arfino Raya.
Shafwan, Muhammad Hambal. 2014. Intisari Sejarah Pendidikan Islam. Solo: Pustaka Arafah.
Shihab, M. Quraish. 2000. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Shihab, M. Quraish, 2007. Tafsir Al-Misbah, Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati.
Sukadari. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Tafsir. Ahmad. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, Cet. IV.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Zulfa, Umi. 2014. Modul Teknik Kilat Penyusunan Proposal Skripsi. Cilacap: Ihya Media.
