NILAI-NILAI PENDIDIKAN (Studi Hadits Nomor 5107 Tentang Adzan Di Telinga Bayi Yang Baru Lahir Dalam Kitab Sunan Abu Dawud)

  • Musyfiq Nailatul Munji Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Ahmad Mukhlasin Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Nilai-nilai pendidikan, Hadits 5107, Kitab Sunan Abu Dawud

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan dalam Hadits nomor 5107 dalam Kitab Sunan Abu Dawud. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif yaitu untuk menyajikan dunia sosial dan perspektifnya dalam dunia dari segi konsep, perilaku, persepsi, dan persoalan manusia yang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian jenis library research. Oleh karena itu penelitian ini merupakan telaah atau kajian pustaka yang merupakan data verbal, hal ini peneliti melakukan dengan cara menuliskan, mengklasifikasikan dan mengkajinya dengan metode deskriptif analisis dan deskriptif kualitatif.

Kitab Sunan Abu Dawud yang berisi tentang adzan yang diperdengarkan pada telinga bayi yang baru lahir yaitu: (1) Adzan yang diperdengarkan pada telinga bayi yang baru lahir yaitu sebagai talkin tentang keimanan yaitu ajakan untuk masuk Islam dengan syahadatain dan tuntunan ibadah serta bermaksud agar dakwah Islamiyah tersebut tidak didahului oleh ajakan syetan yang selalu menggoda manusia. (2) Hadits Nabi Muhammad SAW tentang mengadzani bayi yang baru lahir ini adalah tindakan positif dalam rangka memberikan pendidikan kepada anak sejak dini. (3) Hikmah dan manfaat dari hadits Nabi Muhammad SAW tentang adzan di telinga bayi yang baru lahir merebut detik pertama masa keemasan otak anak setelah lahir. (4) Adzan juga sebagai software penginstal God spot, adzan menjadi bahasa kasih sayang yang mencerdaskan (5) Nilai Pendidikan yang terkandung dalam hadits Nabi Muhammad SAW tentang adzan di telinga bayi yang baru lahir secara umum adalah nilai pendidikan agama yaitu pendidikan keimanan: mengenalkan kepada anak tentang adanya ekuasaan Allah SWT yang maha besar, dan mengenalkan pilar-pilar utama gama Islam yaitu syahadatain, shalat, dan tujuan utama hidup manusia yaitu kemenangan atau kesuksesan kehidupan dunia dan akhirat. (6) Nilai-nilai pendidikan dalam hadits Nabi Muhammad SAW tentang adzan di telinga bayi dilihat dari susunan kalimat dalam adzan mengandung filosofis urutan kata-kata ang menunjukan tuntunan dalam kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawi, Abbas al-Maliki & Hasan Sulaiman An-Nuri. (1994). Terj. Bahrun Abu Bakar Penjelasan Hukum-hukum Islam. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

al-Attas, Syed Naquib. (1991). The Concept of Education In Islam (A Framework for an Islamic Philosophy of Education). Malaysia: International Institute of Islamic Thought and Civilization International Islamic University.

al-Sajastani, Abu Dawud Sulaiman ibn al-Asy’ari. (1992). Terj. Bey Arifin dkk. Terjemah Sunan Abi Daud. Semarang: CV Asy Syifa.

ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. (2009). Sejarah & Pengantar Ilmu Hadis. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.

Basri, Muh. Mu’inudinillah. (2012). Panduan Ṣalat Lengkap. Jakarta: Indiva Pustaka.

Catling, Jonathan. (2012). Psikolog Kognitif. Bandung: Penerbit Erlangga.

Darmaningtyas. (2004). Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Press.

Ghazali, Yusni A. (2004). Kupas Tuntas Adzan dan Iqomah. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Halim, Abdul. (2002). Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Hamdani & Nasrullah. (2019). Jurnal Pendidikan. Garut: Universitas Garut.

Jalaluddin. (2001). Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maksum, M. Sukron. (2010). Dahsyatnya Adzan. Jakarta: Pustaka Marwa.

Mas’ud, Abdurrahman, (2000). Azan Di Telinga Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexi J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawwir, Ahmad Warson. (1989). Kamus al-Munawwir. Yogyakarta: PP. Al Munawwir.

Musbikin, Imam. (2013). Ajaibnya Adzan untuk Mencerdaskan Otak Anak Sejak Lahir. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, M. Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (1994). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusn, Abidin Ibnu. (1998). Pemikiran al-Ghazali tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sauqi, Ngainun Naim dan Achmad. (2008). Pendidikan Multicultural Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: ar-Ruzz Media.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, Suparlan. (2009). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ulwah, Abdullah Nasih. (1999). Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

______, Abdullah Nashih. (2009). Terj. Rohinah M. Nor. Mencintai dan Mendidik Anak Secara ilami., Jogjakarta: Darul Hikamah.

Yuniarti, Sri. (2015). Asuhan Tumbuh Kembang: Neonatus Bayi-Balita dan Anak Pra Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.

Published
2023-05-23
How to Cite
Musyfiq Nailatul Munji, & Mukhlasin, A. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN (Studi Hadits Nomor 5107 Tentang Adzan Di Telinga Bayi Yang Baru Lahir Dalam Kitab Sunan Abu Dawud). Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 11(2), 105-119. https://doi.org/10.52802/al-munqidz.v11i2.624
Section
Articles