PEMANFAATAN TIK-TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH; STUDI KASUS USTAD SYAM, DI AKUN @syam_elmarusy
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi yang dimiliki media sosial Tik-Tok sebagai media baru dalam menyampaikan pesan dakwah dan kemudian menganalisis kelemahan serta kelebihannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data berupa dokumen, video postingan dari akun media sosial dengan metode analisis menghubungkan dengan teori yang berkaitan dengan media dakwah, pesan dakwah dan juga media baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tik-Tok bisa dioptimalkan untuk tujuan menyampaikan pesan dakwah seperti yang dicontohkan oleh ustaz Syam dalam akun @syam_elmarusy menggunakan kelebihan Tik-Tok yaitu tampilan visual yang menarik. Dengan tampilan tersebut, ustaz Syam menyampaikan pesan dakwah yang tetap berdasarkan Alqur’an dan Hadis dengan kontent dakwah berkisar ajaran Islam di dalamnya, terkait aqidah, syariat dan akhlak/muamalah dengan tujuan agar mudah diterima oleh generasi pengguna Tik Tok sebagai mitra dakwah.
Downloads
References
Abdullah, M. Q., & Mubarak, D. F. (2019). Strategi Dakwah dalam Merawat Pluralitas di Kalangan Remaja. Anida: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 19(2).
Aziz, M. A. (2009). Ilmu Dakwah. Buku.
Dennhardt, S. (2013). User-Generated Content and its Impact on Branding: How Users and Communities Create and Manage Brands in Social Media. Springer Fachmedien Wiesbaden.
Herdian Maulana, M.Si. dan Gumgum Gumelar, M. S. (2013). Psikologi Komunikasi Persuasi.
Ilaihi, W. (2010). Komunikasi dakwah. Remaja Rosdakarya.
M Pakhri, A. (2017). Penggunaan Fitur Vidgram Sebagai Trend Media Dakwah (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @yufid.tv di Instagram). Skripsi UIN Alauddin Makasar.
Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(2), 148–158. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
McQuail, D. (2010). McQuail′s Mass Communication Theory. SAGE Publications.
Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif Dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.54
Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial. Tasâmuh, 18, 54–78.
