Penggunaan Media Audio Visual Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas III

  • Zulaeni Nursanti PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap
Keywords: ptk, audio visual, media pembelajaran

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan melalui inovasi proses belajar mengajar di sekolah dasar merupakan komitmen besar yang dilaksanakan oleh guru, kepala sekolah, dan pembina pendidikan lainnya. Salah satu bentuk inovasi pembelajaran yaitu penggunaan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa belajar. Adanya permasalahan di kelas berupa hasil evaluasi akhir yang diikuti oleh 33 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 54,54 % dan siswa cenderung kurang tertarik dengan pembelajaran maka dipilihlah tindakan berupa penggunaan media audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik materi kewajiban dan hakku di rumah melalui penggunaan media audio visual pada siswa kelas III SD Negeri Karangkandri 04 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2022/2023. Tahun. Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan sampel sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar pada materi hak dan kewajibanku di rumah. 2) Siswa mampu menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran hak dan kewajibanku untuk siswa SD kelas III

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, A. R. (2022). ; Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada MAN Kota Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Pascasarjana).
? Sumber referensi dari jurnal (lebih dari 5 penulis)

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan ParaAhli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.
? Sumber referensi dari jurnal (lebih dari 5 penulis)

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78-92.
? Sumber referensi dari jurnal (lebih dari 5 penulis)

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis PendekatanIlmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
? Sumber referensi dari jurnal (lebih dari 5 penulis)

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenada Media.
? Sumber referensi dari jurnal (lebih dari 5 penulis)

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Impacts Of Students’ Learning Interest AndMotivation On Their Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.
? Sumber referensi dari Buku:

Ananda, A. R. (2022). ; Analisis Kepuasan Siswa
Terhadap Pembelajaran Daring pada MAN Kota Banjarmasin (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
? Sumber referensi dari jurnal (lebih dari 5 penulis)

Rahman, D. (2020). Sistem Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Pembelajaran Santri: Studi Kasus Di PP Al-Aqobah Diwek Jombang (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
? Sumber referensi dari Artikel Koran yang tidak ada penulisnya:

Firdaus, F. (2020). Integrasi Ilmu Dalam Pembelajaran (Menuju Pendidikan yang Holistik dan Non Dikotomik). Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(1), 37-41
? Sumber referensi dari Artikel Koran yang tidak ada penulisnya:

Mislinawati, M., & Yamin, M. (2023). Teacher Obstacles in the Scientific Approach to Thematic Learning in Class III SD Negeri 2 Jeumpet Aceh Besar. Elementary Education Research, 8(3).
? Sumber referensi dari Buku:

Kurniasih, N., & Isfaatun, E. (2022). PENGARUH BANTUAN PAKET KUOTA INTERNET DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI NUSA MEGARKENCANA.
? Sumber referensi dari Buku:

Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Kewirausahaan, 18(01).
? Sumber referensi dari Buku:

Salima, H. (2019). Analisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik di Kelas 2 SDI Al-Azhar 17 Bintaro (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
? Sumber referensi dari Buku:
Published
2025-01-22
How to Cite
PGSD, Z. N. (2025). Penggunaan Media Audio Visual Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas III. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 8(1), 391-394. https://doi.org/10.52802/pancar.v8i1.1024