ZAINUDDIN LABAY EL-YUNUS (Inspirasi Pemikirannya Dan Relevensinya Pada Pendidikan Modern)

  • Musa Ahmad Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Zainudin Labay, Pembaharuan Pendidikan

Abstract

Artikel ini bertujuan menggunkan pemikiran Zainudin Labay sebagai inspirasi pembaharuan Pendidikan Islam Kontemporer. Metode yang digunakan dalam menulis artikel ini adalah hermeneutika dalam tradisi post structural. Digunakan aebagai alat untuk menafsirkan keterbatas materi tentang Zainudin Labay. Artikel ini berargumen Zainudin Labay adalah mempunyai pandangan visioner modernis dalam Pendidikan Islam, sehingga Zainudin Labay merubah tujuan Pendidikan untuk lebih holistic, merubah kurikulum untuk lebih bisa teratur dan terukur keberhasilannya dan menggunakan symbol modernis dalam media pendidikannya. Relevensi pemikiran Zainudin Labay terhadap Pendidikan kontemporer adalah menginspirasi Pendidikan Islam Tradisionalis lebih holistic. Kata kuci, Zainudin Labay, Pembaharuan Pendidikan

Author Biography

Musa Ahmad, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Dosen Fakultas Keagamaan Islam

References

Aminudin Rosyad, Hj Rahmah El Yunusiyah dan Zainuddin Labay El Yunusy Dua Bersaudara Tokoh Pembaharu Pendidikan Islam diIndonesia. Jakarta: Pengurus Perguruan Diniyah Puteri Padang Panjang Perwakilan Jakarta.

Burhanudin Daya, Gerakan Pembaharuan Pendidikan Islam; Kasus Sumtra Twalib, Tiara Wacana. Jakarta,

Burhanudin Daya. Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam, Tiara Wacana Jogja, 1995

Deliar Noer, Gerakan Moder Islam Di Indonesia 1990-1943, Pustaka LP3ES, Jakarta, 1994

Delliar Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, LP3ES, Jakarta, 1994 hal 48-50, lihat pula dalam Karel A Steenbring, Pesantren Madrasah Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, LP3ES, Jakarta 1994

Dr. Amjad M. Hussain dalam Malakand University Research Journal of Islamic berjudul A Comparative Study: Islamic Education and Contemporary Theories on Alternative Holistic Education, AM Husaini meyakini belum bisa masuk sebagai arus utama paradigma Pendidikan modern.

Edwar (pnyt). Riwayat Hidup dan Perjuangan 20 Ulama Besar Sumatera Barat. T (1981) tp.: t.pt.

Galdamer, Hermeneutics, Relegion and Ethics, Yale University press, London, 1999

Gibb, H.A.R. Aliran-Aliran Modern dalam Islam, cet. VI, Rajawali Pers Jakarta, 1996. Hal 70

Haddad, Yuonne, Muhammad Abduh, Perintis Pembaharuan Islam, Adam Ali Rahnema, (Ed.), Para Perintis Jaman Baru Islam, alih bahasa ilyas hasan, cet. III, Mizan, Bandung, 1998.

Hamka, Ayahku, Umminda, Jakarta, 1978,

Jurnal, Tokoh Pendidikan Islam Perempuan Rahmah El-Yunusiah oleh Asni Furoidah Fakultas Tarbiyah IAI Al-Falah Assunniyyah Kencong. Lihat Falasifa, Vol. 10 Nomor 2 September 2019

Karel A Steenbring, Pesantren Madrasah Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, LP3ES, Jakarta 1994,

Maryam Jameelah dan Margaret Marcus, Islam dan Modernisme, Usaha Nasional, Surabaya: 1982,

Muhapril Musri, Sejarah Zainudin Lebay -Al YUnusi, Majalah Ahbar al Imam, Perguruan Darur Funu Al Abaiyah, Padang. https://darulfunun.or.id/11/zainuddin-labay-el-yunusi/dirilis tanggal 8/11/21

Muhapril Musri. Zainuddin Labay El-Yunusy: Akar-akar Historis Pembaharuan Pendidikan Islam di Minangkabau Awal Abad XX. Semarang: Pustaka Tinta Mas. 2015,

Nasril. Modernisasi pendidikan Islam awal abad XX kasus Sumatera Barat. (2017). Jurnal Pendidikan Islam 1(2)

Nurcholis Madjid, Islam Kemodernan dan Ke-Indonesiaan, cet. 2, Mizan, Bandung: 2013

Published
2021-12-11
How to Cite
Ahmad, M. (2021). ZAINUDDIN LABAY EL-YUNUS (Inspirasi Pemikirannya Dan Relevensinya Pada Pendidikan Modern). Jurnal Tawadhu, 5(2), 191-208. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.234
Section
Articles