Pembelajaran Membaca al-Qur’an Anak Usia Dini Menggunakan Metode An-Nahdliyah
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan deskripsi tentang pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode An-Nahdliyah di RA Nurul Haq Kalisabuk serta faktor pendukung keberhasilan pembelajaran. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan dilakukan untuk menen-tukan tujuan, metode, materi, media, dan penilaian. Pembelajaran dilaksanakan secara sorogan dan klasikal. Sorogan dilakukan sebelum pembelajaran inti dengan kurun waktu 30 menit setiap hari, adapun klasikal dilakukan setiap hari Jum’at. Penilaian pembelajaran berorientasi kepada penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan pada saat pembelajaran menggunakan buku setoran membaca al- Qur’an. Adapun penilaian hasil dilakukan pada akhir semester memuat deskripsi kemajuan belajar peserta didik. Faktor mendukung keberhasilan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode An-Nahdliyah adalah faktor ustadz, peserta didik, dan miliu belajar.
Downloads
References
Asmawati, Luluk, Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini,
Tangerang: Universitas Terbuka, 2017.
Bahri, Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bineka Cipta, 2000.
Fuhaim, Mustafa Asy-Syaikh, Manhaj Pendidikan Anak Muslim, (Jakarta: Mustaqim, 2004.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Hermawan, Acep, Ulumul Qur’an: Untuk Memahami Wahyu, Bandung: Rosyda Karya, 2011.
Huberman, Matthew B. Miles and AS. Michael, Analisis Data Kualitatif, terj.
Tjetjep Rohendi, Jakarta: UI Press, 1992.
Jalal, Abdul Fattah, Azaz-Azaz Pendidikan Islam, Bandung: CV Diponegoro, 1988.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumber Belajar Pendukung PLPG PAUD/TK, Jakarta: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, 2017.
Khalawi, Mahmud, Mendidik Anak dengan Cerdas, Sukoharjo: Insan Kamil, 2007.
Ligani, Ahmad Husain, Mu’jam al-Mustalahat al-Tarbawiyah al-Mu’arrafah fi al-Manahij wa Turuqu al-Tadris, Mesir: ‘Alam al-Kutub, 1996.
Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.
Makluf, Luis, Al-Munjīd fi al-Lughah wa al-A’lām, Beirut: Dar al-Masyriq, 2007. Malik, Imam, Psikologi Umum (Sebuah Pengantar), Surabaya: Lembaga Kajian
Agama dan Filsafat, 2005.
Pimpinan Pusat Majelis Pembinaan TPQ An-Nahdliyah Tulungagung, Buku Ajar Metode Cepat Tanggap Belajar al-Qur’an An-Nahdliyah, Tulungagung: Majlis Pembinaan, 2008.
Pimpinan Pusat Majelis Pembinaan TPQ An-Nahdliyah Tulungagung, Pedoman Pengelolaan TPQ Metode Cepat Tanggap Belajar al-Qur’an An- Nahdliyah, Tulungagung: Majelis Pembinaan, 2008.
Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Rauf, Abdul Aziz Abdul, Pedoman Dauroh al-Qur’an, Jakarta: Markaz al-Qur’an, 2009.
Ridla, Muhammad Rasyid, Tafsir al-Qur’an al-Hakim, Beirut: Dar al-Fikr, t.t. Rusydi, Aiman, Pedoman Buku Tajwid Bergambar, Surakarta: Zamzam, 2005.







